Senin, 30 April 2012

Kura-Kura Leher Ular yang Hampir Punah


Kura-kura adalah hewan yang termasuk jenis reptil. Ini memiliki empat kaki, dan paling khas hewan ini akan memiliki "rumah" berbentuk shell kuat. Kura-kura terdiri dari banyak suku/tipe yang berbeda jauh. Salah satu yang populer adalah kura-kura leher ular.

Kura-kura ShapeThese tubuh relatif kecil, dan seperti namanya, kura-kura leher ular memiliki bentuk leher lagi bila dibandingkan dengan jenis lain kura-kura.Tidak seperti kebanyakan kura-kura yang dapat mengangkat kepala untuk pergi ke dalam tempurung, kura-kura leher ular ini tidak bisa masuk kepalanya. Hal ini karena lehernya terlalu lama. 

Oleh karena itu, ketika ia diserang oleh musuh, ia adalah hanya membungkuk lehernya ke sisi tubuh untuk melindungi diri mereka sendiri.HabitatTurtle leher panjang, ini adalah jenis kura-kura yang hidup di air tawar. Kura-kura ini ditemukan di Australia atau Amerika Selatan. Di Indonesia sendiri, kura-kura leher panjang dapat ditemukan di wilayah Papua dan pulau pulau Rote, Timur Nusa Tenggara.Some jenis leher panjang turtles yang tinggal di kura-kura Papua Indonesia air tawar (Chelodina novaeguineae), kura-kura (Chelodina mccordi) Rote, dan perut putih kura-kura (Elseya branderhosti) pengembangan dari The kura-kura leher ular TodayTurtle leher ular termasuk hewan yang dilindungi di Indonesia sejak tahun 1980. 

Sejak tahun 2001, kura-kura leher ular punya bahkan tidak diperbolehkan untuk dolar sebagai koleksi hewan. Tetapi perdagangan ilegal terus terjadi.Di pulau dari Rote sendirian, populasi kura-kura leher ular terus menurun sebagai akibat dari ilegal perdagangan internasional. Bahkan kura-kura sudah dinyatakan dalam keadaan kritis kepunahan status dan diambang. 

Sedangkan di Indonesia sudah ada pejabat hukum yang mengatur tentang spesies yang satu ini.Kura-kura leher ular seharusnya ditangkap untuk tidak diperdagangkan, tapi for the sake of menjaga spesies adalah kekal. Pemeliharaan diperlukan tidak hanya untuk kalikan jumlah kura-kura leher ular, tetapi juga karena kura-kura jenis ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

Menurut beberapa ahli, kura-kura leher panjang memiliki nilai ekonomis substansi yang dapat membantu meningkatkan tinggi kesehatan manusia.Untuk itu kesadaran manusia sangat diperlukan sehingga hewan tidak hancur segera. Peran pemerintah untuk penegakan hukum, dan peran masyarakat agar kura-kura leher panjang, pasti sangat perlu untuk memelihara hewan langka ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar