Sabtu, 28 April 2012

Jenis-Jenis Ikan Mas


Ikan mas adalah ikan yang hidup di air tawar. Ikan mas memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Penyebaran ikan di Indonesia telah meluas. Ikan GURAME termasuk ikan yang dapat dikonsumsi. Selain itu dapat dikonsumsi, ikan dapat dibuat menjadi ikan hias.

Saat ini, banyak jenis ikan mas yang beredar di masyarakat, baik antar peternak serta masyarakat umum. Kualitas menonjol ikan bervariasi, mulai dari biasa-biasa saja untuk ikan gurame kuman unggul.

Jenis ikan mas secara umum dapat dibagi dua, yaitu konsumsi ikan mas dan ikan hias mas. CARP konsumsi adalah biasa jenis ikan yang dikonsumsi oleh masyarakat. Sementara itu, ikan hias mas yang ikan mas yang membuat hiasan untuk memenuhi kepuasan batin dari orang-orang yang tetap. Biasanya, akuarium ikan mas atau hias ditempatkan di kolam-kolam taman.

Berikut ini adalah jenis ikan mas.
Ikan gurame konsumsi
1. Ikan mas Punten

CARP dibangun pertama kali di desa Punten, Malang, Jawa Timur, pada tahun 1933. Tubuh ikan ini agak pendek, tetapi memiliki punggung tinggi dan lebar. Oleh karena itu, bentuk ikan mas terkesan bulat pendek. Ikan mas skala ini punten berwarna hijau gelap dan matanya yang menonjol sedikit. Gerakan ikan juga agak lambat dan punten jinak.
2. Carp Sinyonya atau putri Yogya

Asal-usul jenis ikan mas ini tidak diketahui. Banyak orang mengatakan bahwa ikan gurame sering bertelur yang disebut sinyonya. Bentuk tubuh ikan ini memanjang dan kembali lebih pendek dibandingkan dengan ikan mas punten

Ikan mas skala ini kuning seperti kulit jeruk. Matanya yang agak terkenal ketika masih muda dan menjadi sipit ketika tua. Sifat dari jenis ikan mas lebih jinak jika dibandingkan dengan ikan mas punten. Ikan mas sinyonya juga memiliki kebiasaan nongkrong di atas permukaan air.
3. Goldfish Taiwan

Ikan mas taiwan telah memanjang tubuh bentuk dan pegunungan menyerupai busur agak bulat. Sisik ikan mas ini adalah hijau kekuningan taiwan sampai kemerahan. Jenis ikan mas ini sangat sangat responsif terhadap makanan yang akan memberi makan satu sama lain jika diberikan Perebutan Afrika. Menurut cerita, jenis ikan mas berasal dari Taiwan dan dikembangkan di Indonesia.
4. Ikan merah

Ikan mas memiliki karakteristik merah bersisik atau emas. Gerakan ikan aktif dan tidak jinak. Ikam mas merah sering mengaduk dasar kolam. Jenis ikan mas tubuh lebih memanjang dibandingkan dengan ikan mas sinyonya. Bentuk kembali lebih rendah dan tidak melakukan lancip, sementara bentuk mata agak menonjol.
5. ikan mas Majalaya

Jenis ikan mas dikembangkan di Majalaya, Jawa Barat. Ikan mas memiliki bentuk tubuh yang agak pendek dan membungkuk kembali nya lebih dari jenis lain. Sifat dari jenis ikan mas relatif jinak dan biasa berenang di permukaan air.

Keabuan Sisiknya hijau dan tepi berwarna gelap. Jenis ikan mas ini memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan jenis ikan mas. CARP tepi majalaya, antara lain, pertumbuhannya cepat, tahan terhadap infeksi bakteri, itu terasa lebih lezat dan gurih dan penyebarannya yang sangat luas di Indonesia.
6 Yamato Goldfish.

Jenis ikan mas ini kurang populer di kalangan peternak ikan mas di Indonesia. Bentuk tubuh ikan ini memanjang dan sisiknya yang hijau. Jenis ikan mas sering ditemukan dan dibudidayakan di wilayah Asia Timur seperti Cina dan Jepang.
7. ikan lokal

Pada kenyataannya, jenis ikan mas dapat tidak diklasifikasikan sebagai jenis ikan. Namun, itu adalah persis jenis ikan mas paling banyak ditemukan dalam masyarakat. Jenis ikan mas juga dikenal oleh peternak ikan.
Akuarium ikan mas
1. Ikan mas Kumpay

Goldfish hias ini punya sirip panjang dan tasseled sehingga terlihat indah jika sedang bergerak. Sisiknya warna bervariasi, ada putih, kuning, merah, dan hijau. CARP pertumbuhan adalah sangat lambat.
2. Kaca Goldfish

Jenis ikan ini memiliki karakteristik, yaitu tubuh tidak begitu bersisik sepintas terlihat seperti jelas kaca.
3. Koi Carp

Jenis ikan yang dikenal sebagai koi. Jenis ikan mas ini berasal dari Jepang. Ikan ini bervariasi dalam warna skala, putih, kuning, merah, hitam, dan kombinasi warna-warna tersebut. Jenis ikan gerakan lambat dan jinak.
Peternakan ikan mas

Siklus hidup dari ikan gurame dimulai dari perkembangan gonad (indung telur telur ikan betina, sementara di manghasilkan ikan sperma manghasilkan laki-laki). Pada dasarnya, pemijahan ikan mas bisa berlangsung sepanjang tahun dan tidak bergantung pada musim. Tetapi, dalam tempat ikan mas asli, Bering memijah pada awal musim hujan. Hal ini karena rangsangan terjadinya tanah kering aroma banjir.

1 komentar:

  1. terimakasih infonya, dan jangan lupa kunjungi balik web kami http://bit.ly/2QskoZs

    BalasHapus