Sabtu, 28 April 2012

Cara Memelihara dan Merawat Ikan Koi


Koi adalah salah satu dari banyak ikan aquarium populer. Ikan ini berasal dari Jepang dan dianggap sebagai dewa ikan. Di Jepang, ikan ini disebut kai (ikan). Banyak versi mengenai asal-usul koi. Beberapa orang mengatakan bahwa koi berasal dari Persia, kemudian dibawa ke Jepang oleh orang-orang Cina.

Ikan koi datang ke Indonesia pada 1980-an dan diambil oleh penggemar ikan yang bernama Li Moniaga tinggal di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Kemudian, ia membuat sebuah peternakan koi yang bernama Leon dan Leonny. Sejak itu, ikan koi menjadi populer di Indonesia.

Jenis ikan koi termasuk mudah dipelihara dan pendek. Makanan itu tidak khusus terutama karena koi termasuk omnivora. Makanan utama koi adalah pelet, sementara makanan lain, jeruk, air bayam, buah dan sayuran. Selama kontes, ikan ini adalah makanan tambahan dan doping khusus untuk memperkuat tubuh warna koi selama karantina.

Harga dari bermacam-macam ikan koi, mulai dari puluhan ribu, bahkan jutaan, ratusan juta (juara kontes koi). Pola-pola lebih seimbang tubuh warna koi, maka harganya akan lebih mahal. Biaya pemeliharaan yang cukup mahal karena untuk sirkulasi koi air kolam harus tidak berhenti. Kolam ini harus dibuat dengan ukuran tertentu dengan kedalaman setidaknya 80 cm, panjang minimum 1,5 meter dan lebar 1 meter.
Jenis Koi

Berdasarkan pola warna, koi terbagi menjadi 13 varietas, 9 yang adalah sebagai berikut.

Aiso Sanshoku
Kohaku
Showa Sasoku
Utsurimono
Kawarimono
Koromono
Bekko
Hikari Moyo
Hikari Mono

Cara mempertahankan dan memelihara ikan Koi

Pemeliharaan ikan tidak dianjurkan di aquarium Anda karena dikelola koi membutuhkan tempat berenang luas dan mendalam. Ikan koi glamor terletak dalam warna-warni. Jika disimpan di akuarium, keindahan tubuh dan warna tidak dapat menikmati secara maksimal.

Ukuran kolam ikan koi adalah minimum yang ideal memiliki luas sebesar 1, 5 x 2 meter dan kedalaman 80-150 cm. Jika kolam membuat terlalu dangkal, tubuh koi ikan akan terus-menerus terpapar cahaya Sun. Ultraviolet menyebabkan koi warna tubuh menjadi pucat dan pertumbuhannya akan terhambat.

Untuk mencegah ikan koi langsung ke daratan, kolam harus memiliki tinggi 25 cm minimal dari bibir kolam renang. Kolam juga akan dilengkapi dengan cerat yang terletak di bagian bawah kolam renang. Selain itu, di atas kolam, dipasang pasokan pipa air bersih yang telah disimpan.
Menjaga kualitas air kolam ikan Koi

Untuk tetap bersih dan mulus pasokan air, diperlukan empat lapisan filter.

Filter pertama terdiri dari kerikil, pasir dan jerami. Filter ini berfungsi untuk menyaring sampah dan lumpur di kolam.

Filter kedua berisi karbon dan zeolit bekerja untuk menghilangkan racun, kuman penyakit membunuh, dan menghilangkan bau enak dilihat.

Filter ketiga dalam bentuk pestisida yang bertindak parser tidak mematikan bakteri.

Filter keempat dalam bentuk tanaman yang berfungsi sebagai mengikat kotoran.

Selain itu, pH air harus dicatat. Tingkat keasaman (keasaman, pH) air sangat ideal untuk pertumbuhan ikan koi 6,5-8,5. Di kolam renang juga diperlukan untuk menyalurkan pompa air sebanyak 25 liter per menit sehingga kolam air tidak perlu sering membersihkan. Hal-hal yang harus dilakukan adalah untuk membersihkan filternya sering dan bak mandi penyaring oleh cara dari semprotan filter dengan air bersih untuk 5-10 menit.
Makan ikan Koi

Feed berfungsi untuk membentuk badan ideal koi, memproduksi yang brilian, warna ikan dan memperlakukan sakit ikan. Feed untuk koi ikan harus mengandung protein tinggi gandum, tepung, seperti udang tepung ikan, kacang kedelai, dan bungkil.
Pertumbuhan ikan Koi

Ikan pertumbuhan dipengaruhi oleh suhu air dan jumlah ikan di kolam.

1. air suhu

Ikan koi akan makan lebih pada temperatur di atas 20 derajat Celcius.
Ikan koi yang biasanya dewasa akan cepat tumbuh pada temperatur panas.
Ikan koi biasanya sebagian besar makanan tumbuh digunakan untuk menghasilkan telur dan sperma.

2. air kualitas

Ikan koi pertumbuhan sangat dipengaruhi oleh kualitas air. Ikan koi tinggal di kualitas air kolam, nafsu makan yang buruk akan menghilang.

3. jumlah ikan di kolam

Jika jumlah koi ikan di kolam kecil, ikan koi setiap akan mendapatkan jumlah makanan dan oksigen di lebih.
Kolam ikan Koi dan keberuntungan

Tidak diragukan lagi jika ikan koi memang dapat mengubah suasana rumah untuk menjadi cantik atau ikan koi dikelola harus diisi dengan kecantikan, sukacita dan estetika. Jika jenis, kualitas, dan ukuran koi ikan koi pond sudah dipilih, atau kolam koi sangat tidak kurang penting. Ukuarn koi pond dengan luas tanah bervariasi tergantung pada koi pond yang ditempatkan dan disesuaikan dengan bentuk serta estetika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar