Minggu, 29 April 2012

Kenali Lebih Dekat Jenis Kura Kura


Kura-kura adalah hewan milik kelompok reptil. Hewan ini adalah hewan yang vertebrata yang berkaki empat. Ada berbagai macam kura-kura kura-kura yang hidup di dunia. Diperkirakan ada adalah sekitar 260 spesies kura-kura kura-kura yang tersebar di seluruh pelosok dunia. Sedangkan di Indonesia sendiri, ada empat-lima jenis kura kura.Untuk mengenal lebih dekat untuk hewan-hewan ini, berikut adalah jenis-jenis kura kura yang ada di dunia dan daerah penyebaran mereka.

PleurodiraChelidae, secara umum jenis kura kura memiliki leher yang panjang yang mirip seekor ular. Kura-kura berleher ular-seperti ini ditemukan di banyak daerah Papua, Nusa Tenggara Barat (Pulaun Rote), di benua Australia dan dekat pulau, juga sebagai di selatan America.Pelomedusidae. Jenis kura-kura yang tinggal di Pelomedusidae air tawar. Yang menyebar di Amerika Selatan, Madagaskar dan Afrika. 

Sedangkan di Indonesia tidak ditemukan kura kura jenis ini.Kura-kura CryptodiraOther Cheloniidae atau nama adalah. Penyu adalah hewan yang hidup di laut, kakinya berbentuk seperti dayung. Kura-kura hidup tersebar di seluruh lautan di seluruh dunia. Kura-kura keluarga Cheloniidae terdiri dari tujuh suku, tetapi hanya dua ditemukan di Indonesia, yaitu penyu hijau dan kura-kura skala. 

Dermochelyidae. Jenis ini juga dikenal sebagai penyu belimbing dan jenis terbesar kura kura masih bertahan sampai hari ini. panjang dapat mencapai tiga meter beratnya hampir satu ton. Penyu belimbing ditemukan di Samudra besar ke daerah dingin.Chelyidridae. Karakteristik dari jenis kura kura adalah panjang ekor dan memiliki kepala besar ukuran. Ditemukan di Americas.Kinosternidae, kura-kura ini hidup dalam air tawar dan berukuran kecil. Jenis ini terletak di bagian tengah benua Amerika. Keunikan hewan kecil ini mampu mengeluarkan bau yang buruk.Dermatemyidae, tinggal di sungai dan hanya ditemukan di pusat America.Carettochelyidae, jenis yang labi-labi bermoncong babi. Dapat ditemukan di Papua Selatan dan Utara Australia.Trionychidae adalah jenis labi-labi. Tersebar di wilayah Amerika Utara, Afrika, dan Asia. 

Di Indonesia sendiri hidup semacam labi-labi, labi-labi bulus, labi-labi bintang irian, dan labi-labi raksasa.Emydidae, hidup di air tawar Amerika, Eropa, dan Asia. Jenis kura kura adalah banyak hewan peliharaan yang dibuat, yaitu kura-kura Merah telinga. 

Geoemydidae adalah jenis yang hidup di air tawar seperti sungai dan banyak juga ditemukan di daratan. Hidup tersebar di wilayah tenggara Asia.This jenis adalah kura-kura Testudinidae oleh tanah dan tersebar di seluruh dunia.ParacryptodiraA jenis kura-kura kura-kura punah keberadaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar